Saturday, December 02, 2006

Rahasia Diet, Makan Pelan

Kecuali dengan alasan takut atau menghindari tersedak, seringnya kita tidak tahu tujuan dari nasehat orang tua agar kita makan dengan pelan-pelan. Tampaknya nasehat bijak itu bukan tanpa dasar. Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Rhode Island, AS, membuktikan hal tersebut.

"Ada hipotesis pada tahun 1972 yang menyatakan bahwa makan pelan-pelan membuat tubuh punya banyak waktu untuk menikmatinya dan membuat kita makan sedikit." kata Kathleen Melanson, salah seorang peneliti. Sejak saat itulah, hipotesis tersebut tersebar menjadi pendapat umum dan diyakini banyak orang. Namun, belum ada satu pun penelitian lain yang membuktikannya. Untuk itu, Melanson melakukan penelitian terhadap 30 wanita muda. Masing-masing ditawari makanan pasta dan dipersilakan makan sepuasnya, sebanyak mungkin mereka mau.

Ketika diminta makan dengan cepat dalam 9 menit saja, rata-rata setiap orang makan 646 kalori. Tapi saat diberi kelonggaran waktu, mereka makan antara 15-20 kali leih lama. Dalam 29 menit, kalori yang dikonsumsi juga hanya 579 kalori. "Sinyal kepuasan jelas butuh waktu untuk dibuktikan." Kata Melanson.

::Dikutip dari Pikiran Rakyat Kamis 30 November 2006.

1 comment:

toko top japan said...

belum lama ini di siaran komedi jepang membuktikan...
orang gemuk makan ramen dalam lima menit...
orang kurus 12 menit...
ayo kunyah makanan pelan-pelan bisa buat kencangin otot rahang lagi...he...