Monday, January 15, 2007

Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid

Pantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender merupakan salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri dengan tidak melakukan sanggama pada masa subur. Metode ini efektif bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya.

Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur. Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Bila siklus haid teratur (28 hari) :
  • Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
  • Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid


Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (bisa dilihat di artikel tentang sanggama terputus).

Bila siklus haid tidak teratur :
  • Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
  • RUmus

    Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

    Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang - 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama. Jila ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus.
Kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender dapat menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan kontrasepsi. Bagi keluarga yang kesulitan untuk mendapatkan alat kontrasepsi sangat cocok untuk menggunakan metode kontrasepsi ini selain tidak memerlukan biaya juga tidak perlu mencari tempat pelayanan kontrasepsi.

Menggunakan sistem kalender perlu kerjasama yang baik antara suami istri karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Masa berpantang yang cukup lama akan mengakibatkan pasangan tidak bisa menanti sehingga melakukan hubungan pada waktu masih berpantang. Tapi bukan masalah bila saja pasangan membiasakan menggunakan kondom pada saat subur.

Sumber :
pikas.bkkbn.go.id/gemapria/article-detail.php?artid=30

37 comments:

Anonymous said...

thax 4 the info... very important 4 me

dyat said...

mo tanya dunk,klo wanita usia 45 tahun trus selama dua tahun terakhir siklus haidnya hanya 14 hari (seolah dalam satu bulan 2 kali haid),trus lamanya haid 8 s.d 10 hari. masih mungkin hamil kah? how? thanks.

Dream House said...

nais inpo gan. ijin CTRL + D ya

Anonymous said...

oooooooooooooo........... thx banget yaaaaaaa,,,,,da sgt membantu...........

Dewi said...

oooo gitu, terimakasih banyak...udah sangat membantu...

Anonymous said...

HI..MACAM MANA HENDAK HITUNG MASA SUBUR SAYA? HAID PADA HARI PTAMA SAYA 11.02 MINGGU LEPAS..BILA MASA SUBUR SAYA?

Anonymous said...

mw tanya dong please di reply secepatnya..
Kalau setelah haid 3 hri kmudian berhubungan tidak memakai kondom dan sperma di kelurkan di dalam,apakah bisa trjadi hamil??
Terakhir haid tgl 27 dan berhubungan di tanggal 1 apa saat itu masih subur??

rahma said...

misalnya saya haid bulan januari tanggal 9 keudian pada bulan februari tanggal 4, yang saya tanyakan kapan masa subur saya pada bulan berikutnya?

ratna_maryana said...

misalnya saya haid tanggal 26 februari dn tanggal 27 maret saya haid masa subur saya bulan berikutnya kapan??saya mohon dijawab secepatnya...

RieL said...

Good info nya . . . . . . . . . . .

Vera Savira Thamrin said...

Saya mau tanya mengenai masa subur saya, saat ini saya haid di tgl 17 april, dan biasax kalau haid lamax 7 s/d 8 hari, tanggal berapa masa subur saya yg pasti??? mohon penjelasanx???

Anonymous said...

mohon bantuannya,apa mungkin hr pertama setelah haid berhubungan suami istri bs menyebabkan kehamilan dan apa ada resikonya thd babynya,terima kasih infonya

Anonymous said...

saya mau nanya kami baru menikah tetapi kami ga mau mempunyai
anak terlebih dahulu karena di sebabkan beberapa hal yang saya ga mungkin ceritakan
ceritanya begini pada saat menikah istri saya lagi haid otomatis tidak bisa
bermain layaknya suami istri
nah ketika hari pertama istri saya beres haidnya
saya melakukan hubungan suami istri.
nah saya mau nanya apakah mungkin istri saya hamil ?
apakah pake kb tuh aman dan akurat ?
dan apa resikonya ?.
baik yang suntik atau pun pil ?
gimana caranya supaya saya dan istri saya bisa ngelakuin hubungan
suami istri setiap saat tetapi tidak sampai hamil.
terima kasih
di tunggu jawabannya
makasih banyak

Anonymous said...

dear said,

mo tanya dong saya haid dalam 1 bulan 2 kali haid,misalkan tgl 9 juli haid s/d 16 juli, eh tgl 24 -27 haid dan haid lagi pada tgl 4-10 walaupun ga lancar hanya flek saja tapi jadi bikin saya bingung,
dan kapan masa subur saya dengan haid saya yang ga teratur,
dulu saya ikut KB, dan selama 6 bulan terakhir ini sudah ga ikut KB lagi, apa itu pengaruh ?
tolong jawabanya secepatnya,tks

Anonymous said...

mo nanya donk,,klo haid saya berubaha-ubah,yg terpanjang 52hr dan yg terpendek 30hr,,itu gmn ngitung masa suburnya yah?hpht saya 31 juli 2010..thanx b4.

Anonymous said...

saya 28 tahun suami saya 58 tahun, suami pernah punya kanker prostate, apa saya bisa hamil? saya tidak pernah liat sperma suami saya karena selalu penetrasi didalam. trims

catatan penting said...

bagus banget infonya mas... saya suka.... boleh saya copas buat blog saya yah.. mohon izin ya mas..

Muhamad Hafiz said...

istri saya sejak 3 bulan terakhir selalu haid tiap2 tgl 24,masa haid 8 hari jdi jarak hari pertama dengan haid berikutnya adalah 31 hari,kpankah masa suburnya?

Nor said...

artikel yang bagus. saya mau tanya
siklus haid saya 84 hari dalam 1 TAHUN saya bisa mendapatkan mens/haid hanya 4 kali, bagaimana menghitung masa subur untuk siklus haid saya ini.
terima kasih sebelumnya.
SALAM

Anonymous said...

mo tanya donk!
gimana caranya memperlancar haid supaya teratur????

chemo said...

fak.teknik unand

thank's info nya ya ^_^

Anonymous said...

nurul said

Bila saya terakhir mens tgl 16 november, saya melakukan senggama saat itu juga dan tgl 17 juga melakukan senggama apakah saya sudah memasuki masa subur?saya bisa hamil ataukah tidak?masa subur saya kapan y?

eka srigunari said...

Terima kasih Infonya

halo balita said...

thanks infonya

Anonymous said...

pda tgl 11novemer haid smpai tggl 18. berhubungan tanggal 10..tapi sudah telat 7hari. apakah sehat atautidak

adam said...

sya dan istri saya bersenggama pada hari ke-4 menstruasi, jd saat itu istri sya masih sedang menstruasi.
apakah mungkin terjadi kehamilan...?

Tongkat Ajimat Madura said...

Kalau menstruasi tidak teratur bagaimana ya menghitungna...
Sekedar kasih info...
Terbukti! herbal anti perselingkhan.

Anonymous said...

Mau tanya dong,bulan kemarin sya haid tgl 12 juli 2011 n bulan sekarang sya haid tgl 16 agustus 2011. Kira2 masa subur sya kpn ya???mohon jwbnya,makasih...

OBAT AMBEIEN HERBAL said...

Bagaimanakah cara menghitung masa subur tetapi siklus haidnya tidak teratur?

Anonymous said...

met siang, saya mau tanya, siklus mens saya itu tidak teratur, skrg saya sedang mengalami mens, tapi saya jg melakukan hub seks dg suami, yang mau saya tanyakan apakah saya bisa mengalami kehamilan, karna pada saat berhubungan suami saya tidak memakai kondom

Anonymous said...

Kalau haid pertama tgl 31 desember 2011, apakah tgl 8 Jan 2012 sdh trmsk dlm masa subur? Anggaplah haid teratur. Terima kasih.

qwenzy said...

Saya mau tanya ,,klo saya kemaren haid nya tggl 1 jan 2012,,jd maasa sbrnya jatuh tgl brpa ya?? Soalnya sampai sekarang saya belum haid jg...tp saya sudah test semgg stlh berhubungan hslnya negatf ..tp yang membingungkan saya koq blom haid juga ya??

Obat Penyubur said...

makasih infonya... manfaat

chepty said...

Sya mo tnya.trakhir sya haid pda tnggal 21 january smpai 27 january,n kpan tnggal k'sburan haid sya n kpan sya akn dtank haid lgi.

Anonymous said...

Thank's infonya ya.

Anonymous said...

ANEH, PADAHAL SUDAH DIJELASKAN DAN DICONTOHKAN CARA MENGHITUNGNYA.
DARI HAID YG TERATUR DAN JUGA HAID YG TIDAK TERATUR.
TAPI MASIH PADA TANYA KAPAN, KAPAN, DAN KAPAN.
MBOK YA MIKIR SEDIKIT, COBA DIHITUNG SENDIRI DULU.
DASAR PEMALAS...!!!

Penyembuhan Kanker Serviks said...

thank info
tips yang bagus !!
salam sehat
bisa kunjungi blog saya !!